PENGALAMAN UMROH MURAH MERIAH – BERAWAL DARI KOPER BEKAS

Jakarta 2016, Allah memang selalu punya cara yang unik untuk mengundang hamba-Nya untuk bertamu ke Rumah-Nya. Bukan soal siapa yang mampu, tapi ini mengenai soal siapa yang dimampukan.

Waktu itu gue lihat WA group tiba-tiba ramai, ada info tiket murah dari Kuala Lumpur ke Madinah Cuma 1,2 juta rupiah pp by Malaysia Airlines, iya pp alias pulang – pergi. Kalian enggak salah baca kok

Nah waktu heboh soal tiket itu, entah kenapa gue belum berniat untuk pergi Umroh, jadi pas orang- orang pada heboh, gue malah dengan senang hati nawarin jasa untuk bantuin  nyariin  tiket buat yang butuh, free tanpa fee tentunya, itung -itung membantu orang untuk pergi ibadah.

Oh iya, fyi karena tiket murah sudah tentu slotnya terbatas, dan jadilah yang issued tiket tersebut adalah para Nekaters (Red – orang-orang Nekad) dengan motto andalan “lebih baik nyesel beli daripada nyesel karena enggak beli”.

Gue sangat Bahagia pas tahu hampir satu group semua issued tiketnya untuk pergi Umroh, Cuma gue saja yang enggak issued karena memang belum berkeinginan untuk pergi Umroh. Dan disitulah gue mulai dikomporin temen-temen untuk ikutan issued.

Again karena judulnya tiket murah ya sudah tentu dalam hitungan menit slot promonya ludes terjual, ditambah infonya bertebaran di wall facebook para Traveller Hits dan juga di Group Pertravelingan. So sudah pasti kalau enggak gercep (Red Gerak Cepet) sudah pasti kehabisan. Wong yang gercep saja belum tentu dapat.

Nah jadilah gue termasuk golongan yang enggak issued dan menyesal kemudian.

******

Besoknya karena iseng dan karena memang masih bimbang, gue coba buka Web Malaysia Airlines untuk check and recheck barangkali memang masih ada sisa-sisa tiket promonya.

Dengan berbekal ucapan dalam hati “ Ya Allah jika memang aku termasuk salah satu tamu – Mu yang kau undang maka munculkanlah tiket promo tersebut padaku” . Duarrrr ucapan dalam hati gue itu dijawab kontan sama Yang Maha Kuasa. Meskipun jadwalnya memang tidak sama dengan kebanyakan teman yang lain.

Waktu itu kawan – kawan banyak yang issued dari tanggal 1 sd 8 maret, sedangkan gue dapatnya 1 sd 7 maret, yasudah lah ya selisih sehari saja enggak masalah, akhirnya guepun issued. Seneng , Bahagia, terharu semua rasa jadi satu, karena impian untuk berkunjung ke Baitullah sudah di depan mata, dan siapa sangka dengan cara yang ajaib dan tidak terduga-duga.

harga tiket MH

Hal pertama yang gue lakukan setelah issued tiket adalah minta joint ke Group Whattsapps . Jadi pas pesta telah usai, di salah satu Group Facebook ada yang nge-listing siapa saja yang berhasil issued tiket promo tsb dan masing-masing diminta menyebutkan tgl keberangkatan dan kepulangan untuk kemudian di klasifikasikan berdasarkan hal tersebut.

Masya allah ternyata banyak juga yang issued dan gue sendiri Joint ke Group WhatsApp Tawar – ( Team Awal Maret). Nah di mulai dari group inilah segala rencana dimusyawarahkan, karena memang untuk Umroh ini enggak bisa dilakukan pure secara backpacker.

Harus ada Muassasah, Muassasah ini mempunyai tugas dan kewajiban antara lain menyambut kedatangan jemaah dan memberi petunjuk yang diperlukan oleh  jemaah serya memperhatikan keperluan dan bertanggung jawab terhadap jemaah selama di Saudi.

Jarak dari issued tiket sampai keberangkatan kurang lebih 6 bulanan, jadi cukup untuk menyiapkan berbagai hal yang diperlukan dari urus visa, suntik meningitis (kartu kuning) , membayar Land Tour dan sebagainya.

kartu kuning – source google

Karena memang judulnya Umroh Murah jadi mau enggak mau Sebagian hal kita kerjakan sendiri ya guys, beda dengan kalau kita daftar paket Umroh di Travel Agent, di mulai dari issued ticket, suntik meningitis dll. Tapi tenang saja selama kita mantengin Group insya Allah aman kok karena semua informasi di share secara gamblang disana.

Kecuali untuk Visa dan Land Tour tetap harus kita pasrahkan ke Travel Agent ya.

visa umroh

Secara rinci biayanya gue agak lupa, tapi kurang lebih detail biaya Umroh gue waktu itu :

  1. Tiket Kuala  Lumpur – Madinah PP by Malaysia Airlines 1,2 juta Rupiah
  2. Tiket Jakarta – Kuala Lumpur By Malindo Air 300rb Rupiah
  3. Tiket Kuala Lumpur – Jakarta By KLM 400rb Rupiah
  4. Biaya Visa 75$ +15$ atau sekitar 1,2 juta Rupiah
  5. Land Tour waktu itu gue ambil yang sekamar ber 4 sekitar 350an USD kurang lebih
  6. Suntik Meningitis 300 ribu
  7. Baju ihram, seragam dan lain-lain lupa totalnya, tapi enggak sampai 500 ribu sih

Yah kalau di total masih dibawah 10 juta lah all in , murah bener kan?

******

Beberapa bulan Mendekati  keberangkatan tiba – tiba dapat notif bahwa penerbangan pulang ada retime yang Cuma 5 menit saja, tapi dasarnya gue iseng yaudah gue telpon Malaysia Airlines aja nanya apakah bisa di ubah jadwalnya, dan bener saja ternyata diijinin guys, jadilah gue ubah ke besok nya dan jadilah gue enggak pulang sendirian alias bisa bareng sama kawan – kawan yang lain , alhamdulilah.

on board CGK – KUL
KUL – MED
MED TO KUL
bareng group tawar
On Board KUL – CGK

By the way, Jauh – jauh hari sebelum ada promo tiket murah ini, ada kawanku yang Nawarin Koper bekas dia Umroh. Kopernya masih bagus Cuma ya emang ada logo Travel Agentnya aja gitu, nah pas dia nawarin di group tanpa dosa gue sahutin aja “buat aku aja mbak kopernya, kali aja nanti ketularan bisa berangkat Umroh” , dan bener saja akhirnya terwujud, sungguh terharu kalau inget moment itu.

kusimpen ampe bulukan kopernya Mbak Dian

Lalu apakah semua berjalan menyenangkan dan membahagiakan?

Tentu tidak Pulgoso, saat gue ngomong dan berniat pamit ke keluarga besar, gue  yang waktu itu memang belum punya rumah dan lain hal malah akhirnya mendapatkan satu ucapan yang menyakitkan hati oleh salah satu keluarga besar.

Ada perkataan yang gue simpan di memory sampai sekarang , “daripada duit dipakai umroh mending dipakai buat bangun rumah, entar kalau ada apa -apa di jalan atau parahnya mati pas disana, siapa yang mau ngurusin’? . gue yang mendengarkan cukup shock dan dengan santai menjawab, biarlah aku jadi Urusan Allah, dan aku akan sangat Bahagia bila bisa mati saat berkunjung di rumah Allah, tandanya aku mati dalam keadaan baik, Mohon doakan saja.

See you next chapter ya

2 Comments

Tinggalkan komentar